Free Mickey Mouse 2 Cursors at www.totallyfreecursors.com

00.12
0
1. Minum dari Botol dengan Sedotan
Kebiasaan pertama yang membuat cepat tua adalah, kebiasaan minum dengan cara meneguk botol dan menggunakan sedotan. Saat merasa haus, cara minum dengan menggunakan sedotan memang terkadang kita lakukan. Namun, jika minum menggunakan sedotan plastic yang biasa Anda temukan ketika sedang makan di luar, ternyata tidak baik bagi kesehatan kulit. Sebab, saat kita minum menggunakan sedotan, otomatis mulut kita akan mengerucut. Inilah yang mengakibatkan timbulnya kerutan pada wajah Anda.
Gesekan antara kulit bibir dengan sedotan akan menimbulkan kerutan di sekitar mulut yang sangat sulit dihilangkan, meski melalui facial sekalipun. Dan jelas akan membuat penampilan wajah Anda cepat keriput. Terutama di bagian pipi yang akan memperlihatkan wajah Anda kelihatan lebih tua. Kerutan yang timbul saat menyedot minuman dengan sedotan, menyamai apa yang dilakukan perokok ketika menghisap rokoknya, yang akan menimbulkan kerutan-kerutan di sekitar bibir atas.
Selain kebiasaan menggunakan sedotan, cara minum dengan meneguk langsung dari botol juga ternyata tidak baik pula. Saat meneguk air dari botol. Bibir secara spontan akan mengerut untuk menyesuaikan lebar lubang botol. Gerakan mengerut inilah yang bisa menyebabkan timbulnya garis-garis dan kerutan pada bibir. Dan jika terus-menerus dibiasakan minum air dari botol, lipatan-lipatan akan terbentuk pada bibr secara permanen yang tampak seperti kerutan.
Bayangkan saja bila Anda selama bertahun-tahun menggunakan sedotan untuk minum, atau meneguk langsung dari botol, tentu sudut mulut Anda akan lebih cepat keriput. Bahkan kerutan di bibir akan permanen jika kebiasaan itu sering dilakukan selama kurang lebih 2 tahun. Untuk menghindarinya, maka sebaiknya Anda selalu gunakan gelas saaat minum. Jika minuman yang Anda inginkan dikemas dalam botol, tuangkanlah ke dalam gelas. Meminum dari gelas atau wadah yang lebih lebar akan membuat bibir bagian atas lebih rileks saat meneguk air.

2.  Penyejuk Ruangan
Kebiasaan lainnya yang membuat kita cepat tua adalah, disebabkan oleh penyejuk ruangan. Berdiam diri di ruangan ber-AC, adalah suatu hal yang nikmat dan nyaman, apalagi jika suhu udara memang sedang panas-panasnya, tetapi sadarkah kita jika terlalu lama berdiam di ruangan ber-AC, mempunyai pengaruh yang tidak baik bagi kesehatan kulit?. Ya, jika suhu udara terlalu dingin yang menerpa tubuh dalam jangka waktu yang lama, ternyata dapat menimbulkan penuaan kulit. Bahkan pendingin ruangan sentral yang banyak kita gunakan, bisa membuat kulit kering dengan cepat. Alhasil, kulit menjadi tidak sehat dan akan timbul banyak keriput yang pasti akan mengurangi keindahannya.
Udara dingin yang dikeluarkan AC, adalah udara dingin kering yang dihasilkan oleh kondensasi freon. Udara tersebut tidak mengandung air. Udara yang dihasilkan oleh AC justru relative menyerap kelembaban lingkungan di sekitarnya. Tidak pelak lagi, kandungan air yang ada di lapisan kulit kita yang berada di ruangan ber-AC pun akan terserap. Itulah yang akan berpengaruh pada kulit sehat kita.
Kulit kering akibat AC bisa dicegah dengan perbanyak minum air putih dan menggunakan lotion yang berguna untuk menjaga kelembaban kulit.

3. Mendengarkan Musik dengan Earphone
Kebiasaan lainnya yang membuat kita cepat tua adalah, mendengarkan musik dengan menggunakan earphone. Ya, kemajuan teknologi memang selalu berinovasi, terutama teknologi earphone, mp3, atau mp4 player yang memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik di manapun dan kapanpun. Namun, jika menggunakan earphone terlalu sering, bisa mengakibatkan kerusakan pada kualitas pendengaran. Tidak ada satu hal pun yang membuat Anda merasa lebih tua daripada menyadari bahwa pendengaran Anda sudah tidak lagi maksimal. Kehilangan pendengaran adalah gejala umum penuaan, tetapi sebagian dari kita kehilangan pendengaran karena mendengarkan musik yang terlalu keras melalui earphone, meski mendengar musik dengan volume sedang memang tidak menimbulkan kerusakan yang parah. Namun, sebuah studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat memengaruhi pendengaran untuk sementara waktu. Sementara sebagian peneliti lain mengatakan mendengar musik yang terlalu keras dapat menyebabkan kerusakan pendengaran permanen.

4. Penggunaan Sabun
Meski Anda berpikir sabun adalah teman terbaik untuk kulit, tetapi kenyataannya tidak semua itu benar. Alasannya adalah, kulit mempunyai lapisan asam yang merupakan pelindung alami. Ketika Anda membersihkan kulit dengan sabun yang umumnya mengandung alkali, maka sabun tersebut akan membuang lapisan pelindung yang mengandung minyak, dan menyebabkan pengeringan kulit, yang pada akhirnya membuat kulit Anda keriput.
Tidak hanya itu, ada beberapa sabun wajah yang kebanyakan memiliki kandunga deterjen yang kasar, serta dapat menghapus pelembab alami kulit. Inilah yang mengakibatkan kekeringan pada kulit wajah, peradangan, bahkan iritasi dan lama-kelamaan kulit akan kendur, kering, dan kusam. Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya jika Anda memilih sabunyang dibuat dari bahan yang lebih halus, agar tidak mengurangi atau menghilangkan minyak pada wajah. Cobalah memilih sabun dengan ph netral, dan sabun tanpa bahan kimia. Perlu diingat, sebaiknya Anda jangan terlalu berlebihan saat membersihkan kulit wajah Anda dengan penggunaan sabun. Mencuci wajah terlalu sering, akan mengikis lapisan pelindung alami. Jika sabun wajah Anda tidak mengandung bahan pelindung atau pelembab kulit, sebaiknya pilihlah cairan pembersih muka daripada menggunakan sabun.

5. Posisi Tidur
Posisi tidur Anda juga menentukan keadaan kulit. Posisi tidur yang miring ke kanan atau ke kiri semalaman, akan membuat kulit Anda tertekan bantal dan kekurangan oksigen. Dan ketika Anda bangun dari tidur, kulit akan menjadi tidak segar. Jika kebiasaan tidur dengan hanya satu posisi merupakan kebiasaan Anda, hal ini beresiko menimbulkan kerutan di kulit sekitar mata.
Wanita yang biasa tidur dengan posisi menyamping juga cenderung memiliki kerutan di sepanjang sisi hidung, kantung mata yang sekitaran kulit wajah disebabkan oleh deterjen, dan pelembut kain yang dipergunakan untuk mencuci sarung bantal.
Tidak hanya tidur menyamping saja yang dapat mengganggu kesehatan kulit. Jika Anda tidur wajah Anda menghadap ke bawah atau ke arah perut, maka proses keriput pada wajah akan lebih cepat. Hal itu di karenakan adanya gaya gravitasi yang membuat aliran darah tertarik ke bawah, dan mata pun ajan terlihat membengkak. Jika hal ini terjadi tiap malam, kulit bisa kehilangan elastisitas kolagen, dan terbentuklah kantung mata yang membuat seseorang tampak lebih tua. Oleh karena itu, latihlah tubuh Anda untuk membiasakan tidur telentang. Beberapa ahli juga menyarankan untuk menggunakan sprei berbahan satin atau sutra karena bisa mengurangi timbulnya kerutan.(**)

0 komentar:

Posting Komentar